Select Page

Mewabahnya virus Corona di seluruh dunia, memang membuat masyarakat sendiri menjadi parno bahkan untuk keluar rumah. Karena takut nantinya akan terinfeksi oleh virus tersebut. Mengingat belum ada vaksinasi yang dilakukan sebagai upaya pencegahan, begitu juga dengan obat yang efektif untuk mengatasi kondisi tersebut. Sehingga membuatnya jadi semakin berbahaya, masyarakat menjadi lebih banyak berdiam diri di rumah, apalagi sejalan dengan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu untuk bekerja dari rumah atau work from home.

Pada dasarnya setiap orang memang beresiko untuk terjangkit Covid 19 ini tanpa memandang usia dan juga jenis kelamin. Hanya saja yang membedakan adalah kondisi tubuh dari orang yang terjangkit. Dimana ketika sistem imuns mereka kuat maka akan menurunkan resiko terjadinya masalah yang lebih buruk seperti halnya komplikasi. Sebaliknya ketika orang tersebut memiliki daya tahan tubuh yang lemah, termasuk diantaranya adalah sudah memiliki penyakit bawaan sebelumnya. Maka resikonya adalah kondisi kesehatan akan semakin parah.

Untuk itu patut bagi siapa saja tetap waspada, mengingat kondisi layaknya hidden carrier ini adalah golongan yang justru lebih mudah menyebarkan. Karena sebenarnya mereka membawa virus Corona tersebut hanya saja tidak menyadarinya, sehingga akan terus menyebarkan kepada orang lain. Ketahui juga beberapa kelompok orang yang paling rentan terjangkit Covid 19 ini, diantaranya adalah:

  1. Memiliki gangguan pernapasan kronis, penyakit Covid 19 ini memang dibawa oleh virus yang menyerang sistem pernapasan, sehingga jika seandainya orang tersebut sudah memiliki masalah pernapasan sebelumnya, seperti pneumonia, kemudian juga asma sampai dengan gagal napas, secara otomatis maka akan jauh lebih mudah atau rentan terjangkiti. Bahkan bisa menyebabkan kondisi yang semakin parah sampai resiko kematian.
  2. Penyakit kardiovaskuler, kelompok lainnya adalah orang-orang atau golongan yang sebelumnya terkena gangguan jantung atau kardiovaskuler, termasuk diantaranya adalah hipertensi dan juga stroke akan jauh lebih mudah terjangkit Covid 19. Hal ini dikarenakan memang sistem kekebalan tubuh mereka juga lemah. Bahkan resiko kematiannya juga lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang sehat.
  3. Diabetes, jika seandainya kadar gula darah di dalam tubuh senantiasa meningkat atau tidak kontrol maka lama kelamaan akan menyebabkan diabetes, bahkan kondisi ini juga dapat memicu daya tahan tubuh penderitanya semakin lemah. Jadi tidak heran jika seandainya penderita diabetes ini akan lebih mudah terserang Covid 19, termasuk juga komplikasi yang berbahaya karena penyakit tersebut seperti sepsis dan juga ketoasidosis diabetik.
  4. Penyakit ginjal, nyatanya penyakit Covid 19 ini tak hanya bisa menyerang sistem pernapasan saja, melainkan juga ginjal. Jadi bagi mereka yang sebelumnya sudah memiliki masalah dengan ginjal seperti gagal ginjal parah, maka akan semakin memperburuk kondisinya.
  5. Kanker, faktanya sendiri orang-orang yang terkena kanker ini termasuk dalam kelompok yang beresiko tinggi terkena Covid 19, bahkan dengan komplikasi yang lebih serius. Karena memang setelah menjalani pengobatan untuk penyakit kanker seperti dengan kemoterapi dan sejenisnya, maka membuat penderitanya menjadi turun sistem imuns atau kekebalan tubuh. Sehingga tidak heran jika seandainya virus juga akan jauh lebih rentan untuk menyerang.

Untuk itu sebisa mungkin tingkatkan daya tahan tubuh Anda agar tidak sampai terinfeksi virus Corona yang sedang mewabah saat ini. terapkan pola hidup sehat dengan rajin olahraga, konsumsi makanan yang bergizi ditambah dengan memenuhi asupan vitamin C. Jika merasakan gejalanya bisa konsultasi secara online lewat aplikasi Halodoc.

Open chat
1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?