Select Page

Tumpeng merupakan menu warisan budaya yang sampai sekarang masih disajikan pada perayaan untuk memperingati momen-momen penting seperti pada acara ulang tahun, syukuran kehamilan, perayaan hari kemerdekaan, acara siraman, acara pernikahan, dan masih banyak lagi. Selain tujuan nya yang beragam, bentuk dan jenis nya juga beragam, mulai dari bentuk yang tradisional sampai yang modern. Biasanya kita melihat tumpeng dengan ukuran yang jumbo, kini tumpeng disajikan dengan bentuk yang modern yakni berukuran mini.

Tumpeng Mini adalah nasi tumpeng yang di buat dengan ukuran yang lebih kecil dari nasi tumpeng pada umumnya. Lauk pauknya juga diletakkan disamping gundukan nasi tersebut. Lauk pauk yang disajikan bersama tumpeng mini sama dengan lauk pauk yang disajikan pada nasi tumpeng ukuran besar, hanya porsinya mungkin yang lebih sedikit.

Harga tumpeng mini Jakarta tergolong murah dan terjangkau oleh konsumen. Berikut ini adalah perbedaan tumpeng mini dengan tumpeng biasa :

  1. Ukurannya

Tumpeng mini memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada ukuran tumpeng biasa. Biasanya ukuran tumpeng mini hanya cukup untuk satu porsi orang makan. Berbeda dengan tumpeng biasa berukuran besar dan bisa dimakan oleh  lebih dari 10 orang.

  1. Warna

Tumpeng biasa memiliki 2 warna yang umum digunakan yaitu warna kuning dan warna putih. Sedangkan tumpeng mini selain warna kuning dan putih juga memiliki warna hijau dan ungu

  1. Lauk pauk

Tumpeng biasa memiliki porsi yang banyak dan lengkap sedangkap tumpeng mini lauk pauk yang di sajikan lebih sedikit dan tidak selengkap tumpeng biasa. Meskipun dengan porsi sedikit, lauk pauk yang disediakan seimbang agar cukup untuk satu orang.

  1. Wadah kemasan

Tumpeng biasa di sajikan dalam tampah yang beralaskan daun pisang, serta dibagian pinggir tampah juga dihias dengan menggunakan daun pisang yang berbentuk segitiga. Berbeda dengan tumpeng mini yang disajikan dalam wadah mika dan dalam kotak nasi.

  1. Harga

Harga tumpeng biasa dengan tumpeng mini tentu saja berbeda. Harga tumpeng mini lebih murah dari pada tumpeng biasa.

  1. Praktis

Tumpeng biasa yang disajikan di acara-acara tertentu mengharuskan para tamu undangan mencicipi nasi tumpeng beserta lauk pauknya ditempat acara tersebut serta para tamu undangan harus mengantri satu per satu untuk mengambil nasi dan lauk pauk . Berbeda dengan tumpeng mini yang lebih praktis, tumpeng mini sengaja dibuat dengan ukuran yang kecil  untuk makan satu orang satu porsi. Sehingga tidak perlu  usah mengantri demi mengambil nasi beserta lauk pauk yang disediakan .

Lauk pauk yang disajikan Bersama tumpeng mini sama dengan lauk pauk yang disajikan pada pada nasi tumpeng ukuran besar hanya porsinya lebih sedikit. Sekarang lauk pauk yang diletakkan boleh ditambah dengan lauk pauk lain tidak harus selalu mengikuti aturan zaman dahulu, namun sebaiknya lauk pauk yang wajib itu tetap harus ada.

Keunggulan tumpeng mini dengan tumpeng biasa adalah ukurannya yang praktis, tumpeng mini bias dijadikan bingkisan atau hantaran acara untuk dibawa pulang, beda dengan tumpeng biasa yang besar yang harus dimakan pada saat itu juga. Dan karena praktis itulah tumpeng mini sekarang menjadi trend dimana-mana bahkan dikalangan selebriti.

Sekian informasi tentang perbedaan tumpeng mini dengan tumpeng biasa semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya

Open chat
1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?