Perbandingan Investasi Perak dan Investasi Emas

Mungkin perak ini tidak begitu populer seperti emas, tetapi perak sangat dibutuhkan sekali di dalam dunia industri jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan emas. Di dalam dunia industri sendiri emas ini tidak terlalu banyak yang memakai, tidak seperti perak. Menurut sebuah catatan dari data World Gold Council permintaan emas untuk memenuhi keperluan industri sebagai perlengkapan medis serta dental itu tidak terlalu besar.

Emas sangat erat kaitannya dengan sebuah keutuhan dari perhiasan, cadangan di dalam bank serta untuk disimpan dalam sebuah bentuk emas batangan yang nantinya akan digunakan untuk investasi di masa depan. Hal inilah yang membuat harga dari emas relatif lebih stabil dan juga cenderung lebih ke naik, tetapi belakangan ini ada beberapa fakta yang cukup menarik yaitu ada dua negara yang cukup besar di mana kontinyunya dalam hal permintaan sebuah komoditas emas di negara India serta Cina dengan melakukan sebuah efisiensi atau penurunan dari permintaan emas.

Turunnya permintaan emas di kedua negara tersebut juga tidak tanggung-tanggung yaitu sekitar 42%. Meskipun terjadi sebuah penurunan, harga dari emas ini masih terbilang cukup fluktatif serta masih tetap akan bisa naik dalam jangka waktu yang cukup panjang. Berbeda halnya dengan perak di mana perak ini bukan merupakan kebutuhan untuk perhiasan, melainkan untuk sebuah konsumsi dari industri logam sebagai penghantar mengingat jika perak ini termasuk ke dalam sebuah konduktor yang lebih baik, mudah untuk dibentuk, yang kemungkinannya akan banyak sekali digunakan dalam dunia industri listrik serta industri yang lainnya.

Di bawah ini sickforprofit sudah merangkum beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kalian sebelum menentukan akan berinvestasi emas atau perak.

Bentuk dan Jenis

Untuk kalian para investor emas harus bisa jeli dalam hal memilih sebuah produk untuk investasi agar nantinya kalian bisa mendapatkan sebuah keuntungan yang sangat maksimal dan sudah sesuai dengan tujuan dari keuangan yang ingin kalian raih. Ada dua pilihan yang masih terkait dengan jenis investasi emas yang akan bisa kalian lakukan, misalnya:

  • Trading emas secara Online, cara yang satu ini bisa dibilang lebih praktis tetapi juga mempunyai sebuah risiko. Secara konvensional jenis investasi emas ini merupakan investasi yang paling ideal dengan sebuah penyimpanan dari emas tersebut.
  • Untuk investasi dengan jangka waktu yang panjang, jenis investasi dalam sebuah bentuk emas batangan ini sangat cocok untuk kalian lakukan.

Sama halnya dengan investasi emas, investasi pada sebuah logam mulai seperti perak juga bisa kalian lakuan dengan menggunakan dua cara dan di antarnya yaitu:

  • Melakukan sebuah tarding perak secara Online di dalam pasar forex.
  • Membeli sebuah perak di dalam bentuk fisik atau batangan.

Pemicu Naik Turunnya Harga

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab dar turunnya sebuah harga emas dan juga perak yang ada di pasaran:

  • Sebuah kebijakan ekonomi yang satu ini biasanya dipengaruhi oleh sebuah suku bunga dan juga menjadi pemicu adanya inflasi.
  • Emas sendiri sangat sensitif terhadap sebuah kebijakan yang ada di dalam keuangan dari suatu negara yang masih bersangkutan.
  • Faktor eksternal yang lainnya sebagai pemicu dari harga perak yaitu adanya sebuah kebijakan dari asosiasi para produsen dan juga konsumen perak yang ada di dalam pasar berjangka atau COMEX yang biasanya masih sangat erat kaitannya dengan bentuk fisik dari perak dan juga emas itu sendiri.