Select Page

Usus buntu atau yang dikenal juga sebagai apendiks sebenarnya termasuk sebagai salah satu bagian sistem pencernaan manusia. Bentuknya adalah kantong kecil dan juga tipis. Hanya saja organ tubuh yang satu ini nyatanya rentan sekali mengalami peradangan. Jika sudah mulai terasa gejalanya maka mau tidak mau harus melakukan pengobatan, diantaranya adalah dengan jalan operasi, apalagi jika seandainya kondisi peradangan tersebut sudah cukup serius sehingga menyebabkan usus menjadi pecah. Penyebab usus buntu ini sangatlah beragam, bisa jadi karena pola hidup yang dijalankan salah.

Banyak orang yang menyepelekan gejala dari penyakit usus buntu yang menyerang mereka, karena menganggapnya sekedar penyakit sakit perut biasa. Namun jika terus menerus dibiarkan tentunya akan berdampak cukup serius bagi kesehatan, sehingga mungkin akan beresiko menyebabkan terjadinya komplikasi yang membahayakan dengan organ-organ tubuh yang lain. Untuk itu maka sebelumnya wajib bagi Anda di dalam mengenal gejala awal dari usus buntu ini terlebih dahulu, yaitu:

  1. Perut kembung, rasanya seperti sakit perut pada umumnya, namun lama kelamaan akan berlangsung parah atau tidak tertahankan.
  2. Hilangnya nafsu makan, mereka yang mengalami peradangan pada apendiks ini juga akan mengalami kehilangan nafsu makan.
  3. Tidak bisa kentut atau buang angin, inilah yang menyebabkan perut terasa begitu begah atau kembung.
  4. Mual, rasa sakit perut tersebut tak jarang juga akan disertai dengan rasa mual seperti ingin muntah.
  5. Konstripasi atau diare, pada beberapa orang mereka yang mengalami peradangan pada usus buntu umumnya akan disertai dengan gejala sulit buang air besar, namun ada juga diantaranya yang mengalami kondisi kebalikan, yaitu buang air besar berkali-kali dengan feses yang encer, biasanya hal ini terjadi jika penyebab dari pedangan usus buntu tersebut adalah infeksi bakteri.
  6. Demam, demam ini sebenarnya adalah bentuk perlawanan tubuh terhadap benda asing atau bakteri yang masuk, sehingga wajar ketika terasa gejala atau masalah kesehatan maka nantinya Anda akan merasakan demam.

Lalu sebenarnya apa saja faktor yang menjadi pemicu peradangan usus buntu ini, berikut yang harus Anda ketahui dan juga bisa dijadikan sebagai langkah pencegahan nantinya, yaitu:

  1. Hambatan yang terdapat pada pintu bagian rongga usus buntu tersebut, hambatan ini sendiri dapat terjadi karena berbagai macam faktor, entah itu makanan ataupun juga infeksi.
  2. Penebalan atau pembengkakan yang terjadi pada dinding usus buntu, disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan di bagian tubuh yang lainnya. infeksi pada saluran cerna yang lain, ternyata juga bisa berdampak pada usus buntu.
  3. Pertumbuhan parasit yang menyumbat rongga usus, biasanya tinja yang tidak segera dikeluarkan tubuh ini membuat pertumbuhan parasit yang menjadi penyebab terjadinya infeksi, jadi dianjurkan bagi Anda untuk buang air besar secara teratur.
  4. Cedera yang terjadi pada perut, karena Anda sebelumnya mengalami kecelakaan ataupun juga benturan yang agak keras.
  5. Pertumbuhan jaringan abnormal di usus, seperti diantaranya adalah tumor atau yang dikenal sebagai inflammatory bowel disease.

Memang terlihat sepele, namun membutuhkan penanganan yang khusus, diantaranya bahkan mengharuskan Anda untuk menjalani operasi agar bisa sembuh. Jika dibiarkan secara terus menerus atau dalam jangka waktu lama bahkan bisa menyebabkan terjadinya komplikasi yang lebih serius, sehingga Anda harus waspada. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat untuk pencernaan Anda, sehingga dapat terhindar dari penyebab usus buntu ini.

1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?
Powered by