Select Page

Jika kalian perhatikan, sekarang perkembangan teknologi smartphone mempunyai fitur NFC. Adapun fitur NFC ini sudah di sediakan pada smartphone menengah dan flagship yang dibekali fitur tersebut. Nah, oleh karena itu sebenernya apa itu NFC dan fungsi dari NFC pada smartphone? Untuk itu kami akan membahas terkait keduanya, tetap simak terus, ya.

Apa itu NFC?

NFC merupakan singkatan dari Near-field Communication, yang merupakan fitur komunikasi nirkabel pertama kali dipatenkan oleh Charles Walton pada tahun 1983. Untuk singkatnya NFC ialah suatu fitur protokol komunikasi jarak pendek yang membuat dua alat elektronik yang bisa tersambung dan bertukar data satu sama lain.

NFC juga, dikembangkan dari RFID (Radio Frequency Identification) dan antenna yang digunakan oleh NFC pun lebih pendek dari pada gelombang sinyal operator untuk mencegah adanya intervensi.

Seringkali terjadi, biasanya NFC sudah terinstal pada smartphone keluaran yang terbaru. Dengan demikian, kamu juga bisa memindahkan data secara cepat untuk jarak dekat, dan tanpa perlu menggunakan sambungan seperti kabel ataupun Bluetooth.

Kemudian, apa fungsi yang diberikan oleh NFC untuk smartphone? Untuk ulasan fungsinya, kamu bisa langsung menyimak terus tulisan ini. Fungsi pada NFC akan dijelaskan dibawah ini, berikut :

Fungsi NFC

NFC yang memiliki perann sebagai salah satu metode untuk menghubungkan dua perangkat, dan ada banyak sekali terkait fungsi dari NFC yang harus kamu semua ketahui!

Bukan hanya untuk cek saldo kartu uang elektronik kamu saja, masih ada banyak kegunaan yang dimiliki oleh NFC yang wajib sekali untuk kamu manfaatkan. Karena, NFC sangat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari, yang bisa kamu gunakan agar dapat memudahkan. Kamu pun bisa menemukannya pada deretan hp nfc murah.

  1. Menyambungkan handphone ke perangkat lain

Fungsi yang umum pertama pada NFC adalah untuk menghubungkan dua perangkat, serta dapat menerima dan mengirim informasi. Pada koneksi tersebut, tidaklah memerlukan dan bergantung pada jaringan Wi-Fi atau LTE.

Lain dnegan Bluetooth yang juga harus melakukan pairing terlebih dahulu, NFC hanya tinggal tempel untuk dapat menyambungkannya. Biasanya digunakan untuk menghubungkan smartphone ke wireless router, headset, ataupun speaker yang sudah memilki kelengkapan NFC.

  1. Transfer file

NFC berfungsi untuk mentransfer file yang ada pada smartphone kamu ke smartphone teman kamu, dengan hanya menempelkan kedua smartphone tersebut.

  1. Untuk pembayaran chashless

Di era sekarang ini, semuanya serba online. Untuk istilah cashless semakin kencang diperbincangkan, kehadiran NFC juga mampu menjadi alat pembayaran yang snagatlah praktis. Dan pada pembayaran akan di proses secara cepat.

  1. NFC Tag

NFC Tag merupakan sebuah tag atau stiker kecil yang juga mengundang chip NFC. Fungsi pada NFC Tag, biasanya tag ini berisikan alamat web ataupun tindakan tertentu di HP seperti akan mengaktifkan mode Wi-Fi atau aplikasi lain yang tertentu, tanpa memerlukan kode QR.

  1. Akses informasi smart card

Fungsi yang dimilki pada NFC di smartphone yang terakhir salah satunya adalah dapat membaca data, termasuk pada smart card yang untuk saat ini semakin banyak jenisnya.

  1. Membuka aplikasi secara otomatis

Jika kamu memiliki akses menggunakan NFC dirumah, hendaknya kamu dapat membuka dan mengaktifkan aplikasi-aplikasi tertentu dengan dilakukan secara otomatis.

  1. Menandai lokasi suatu tempat

NFC mendukun fitur tagging lokasi yang sangat canggih BS (Location Based Service). Fitur ini memungkinkan untuk diaplikasikan di tempat seperti perkantoran yang sangat support NFC.

Open chat
1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?