Select Page

Timbangan digital merupakan sebuah piranti elektronik yang berfungsi sebagai untuk menimbang muatan. Pada umumnya, tibangan digital tampil dalam berbagai ukuran dan warna. Tak hanya itu, materialnya pun cukup , materialnya pun cukup variasi mulai dari plastik, stainless steel, dan lain sebagainya. Timbangan elektrik ini sangat mudah untuk dibaca, dikarenakan ia telah dilengkapi dengan layar LED serta lampu pada layarnya. Tapi, model-model yang terbaru dari timbangan digital selalu memiliki layar yang berukuran lebih besar dengan pencahayaan yang lebih baik pula. 

Kinerja timbangan digital

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa timbangan digital memiliki kinerja yang sangat berbeda dengan timbangan manual. Mengapa demikian? Pasalnya, timbangan digital mengusung prinsip teknologi sel muatan dimana sel beban elektronik dapat mengukur bobot benda dalam keadaan tertentu. Ketika muatan ditimbang ditransfer ke sinyal digital atau elektronik, maka nantinya akan ditunjukkan ke bentuk digital. 

Timbangan digital tersebut terdiri dari beragam model, ukuran, merk, dan harga yang berbeda-beda. Meski demikian, pada umumnya timbangan digital ini sudah hadir dengan baterai, bobot kalibrasi, bantalan timbangan, hingga nampan. Terdapat pula beragam jenis timbangan digital yang bisa kita jumpai dipasaran, sehingga bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, hanya ada beberapa jenis saja yang cukup laris dipasaran, seperti timbangan digital kamar mandi, timbangan digital dapur, timbangan digital pos, timbangan digital point of skala, timbangan saku, dan timbangan laboratorium digital. 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentu saja dapat memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal. Beragam inovasi dan penemuan teknologi yang telah diaplikasikan untuk penggunaan sehari-hari, sehingga menciptakan kepraktisan dan waktu menjadi lebih efisien. Ya, seperti halnya timbangan digital, yang memang jauh lebih canggih daripada timbangan manual. 

Nah, agar kalian tidak salah dalam membeli timbangan digital, berikut di bawah ini ada beberapa pon pentingnya yang harus kalian ketahui.

Timbangan Digital

Tips Membeli Timbangan Digital

* Pilih Berat Maksimum Yang Sesuai Kebutuhan

Pada dasarnya, timbangan digital itu memiliki batasan berat yang dapat diukur. Maka dari itu, untuk mendapatkan kemudahan, disarankan bagi anda untuk memilih timbangan tigital yang bisa digunakan untuk menimbang dalam jumlah banyak sekaligus. Soalnya, timbangan dapur digital pada umumnya mempunyai batasan berat sekitar 1 – 2 kg. Apabila anda memiliki banyak anggota keluarga, maka anda membutuhkan timbangan dapur digital yang kapasitasnya di atas 3 kg.

* Pilih Timbangan Digital Yang Memiliki Tingkat Akurasi Hingga 0,1 Gram

Sangat penting bagi anda untuk menentukan satuan terkecil yang inginkan pada timbangan dapur digitalnya. ketika anda ingin mendapatkan hasil pengukuran yang lebih akurat, sebaiknya pilih timbangan digital yang memiliki tingkat akurasi hingga 0,1 gram. Kendati harga timbangan tersebut memang jauh lebih mahal, namun akan lebih memudahkanmu dalam menimbang bahan makanan.

Contohnya ketika anda menimbang bahan makanan seberat 100 g atau 200 g, tentu selisih 1 gram memang bukanlah hal yang menjadi masalah. Akan tetapi, beda lagi ketika anda menimbang bahan makanan seberat 2 gram menggunakan timbangan dengan satuan 1 gram, maka rentang berat dari 1,5 gram hingga 2,4 gram bisa terdeteksi menjadi 2 gram. Itu artinya, rentang selisih tersebut terblang jauh. Terutama ketika anda menghitung berat bumbu dan bahan dapur yang menuntut keakuratan dalam pengukuran, sehingga timbangan dengan satuan 0,1 kg ini sangat dibutuhkan.

* Pilih Timbangan Yang Mudah Diatur ke Angka Nol

Tak jarang anda meletakkan wadah plastik atau kaca di atas timbangan ketika menimbang bahan makanan. Maka dari itu, anda harus mendapatkan kemudahan untuk menyetel timbangan ke angka nol. Pada umumnya, fitur tersebut sudah ada pada produknya dengan tulisan “Tare Function”. Tak hanya berfungsi untuk menghilangkan berat dalam wadah, fitur yang satu ini juga dapat memudhkan anda dalam menambahkan berat makanan tambahan lainnya secara lebih efisien. Sedari itu, pilihlah produk timbangan digital yang memiliki fitur tare function.

* Pilihlah Timbangan Yang Tahan Air dan Mudah Dibersihkan

Semakin sering digunakan, maka timbangan digital tersebut akan rentan terhadap berbagai jenis kotoran maupun debu. Maka dari itu, anda harus membeli produk timbangan digital yang mudah dibersihkan. Disamping itu, pilih juga bentuk timbangan yang mampu mencegah debu atau butiran lainnya yang masuk ke bagian dalam, agar anda lebih mudah lagi ketika membersihkannya. 

Menurut kabar yang beredar, timbangan digital yang mudah dibersihkan itu adalah yang materialnya terbuat dari bahan stainless steel. Selain mudah dibersihkan, ternyata timbangan digital yang terbuat dari stainless steel ini juga sudah memiliki dengan fitur tahan air. 

* Pilih Timbangan Yang Memiliki Bodi Slim

Sejatinya, timbangan dapur digital memiliki keunggulan dalam penyimpanan daripada dengan timbangan manual. Mengapa demikian? Soalnya, timbangan digital tersebut hadir dengan bentuk bodi slim sehingga tidak membutuhkan banyak ruang ketika anda hendak menyimpanannya. Dengan demikian, anda bisa membawanya kapan saja secara praktis.

Merk Timbangan Digital Terbaik 2020

1. Camry EK 3650

Di urutan pertama ada Camry EK 3650, yang bisa anda dapatkan dengan harga Rp 150 ribuan saja. Menariknya lagi, setiap pembelian timbangan tersebut sudah dilengkapi dengan sebuah mangkuk berbahan kaca mika transparan. Mangkuk tersebut juga tahan panas yang bisa dilepas dengan mudah lho. Daya kapasitasnya mampu menimbang bobot hingga 5 kg. Pada sektor lainnya, Camry EK 3650 ini memiliki tombol dan layar yang cukup besar, sehingga anda akan lebih mudah lagi dalam mengoperasikannya.  

2. TB-Changxie

Timbangan digital dari TB-Changxie ini tampil dengan bodi yang sangat ramping, sehingga membuatnya mudah disimpan dan praktis dibawa kemanapun anda pergi. Tak hanya itu, produk yang satu ini juga akan mati secara otomatis dalam waktu 3 menit jika tidak sedang digunakan. Tentu saja mekanisme tersebut akan membuat daya baterai menjadi lebih awet. Timbangan digital TB-Changxie ini mampu menimbang bobot hingga 1 kg, yang dijual dengan harga Rp 160 ribuan. 

3. Joil Kitchen Scale

Material timbangan digital yang satu ini terbuat dari bahan anti karat dan mudah dibersihkan. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, ia juga tahan panas. Berat maksimal yang dapat ia timbang mencapai 3 kg, yang dilengkapi denga layar LED menyala sehingga cocok digunakan pada tempat yang minim cahaya. Mengenai harganya, Joil Kitchen Scale tersebut dibanderol sekitar Rp 170 ribuan. 

4. V60 Kitchen Scale (with timer)

Merk timbangan digital terbaiknya yang wajib anda miliki, yakni V60 Kitchen Scale. Materialnya terbuat dari bahan stainless steel, sehingga tidak perlu diragukan lagi akan kualitas dan daya tahannya. Tak hanya itu, ia juga sudah dilengkapi dengan fitur timer. Timbangan digital ini memiliki tingkat akurasi hingga 0,1 gram, yang dibanderol dengan harga Rp 200 ribuan.

Open chat
1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?