Mengapa Tinggi Net Bola Voli Putra dan Putri Berbeda? Ini Dia Jawabannya!

Permainan bola voli adalah salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Kita bisa melihat di beberapa daerah, permainan ini sangat sering dimainkan. Ada banyak alasannya seperti kebersamaan karena dimainkan oleh tim yang beranggotakan enam orang, ada banyak teknik serta pukulan seperti smash, blok maupun servis hingga peralatan yang mudah didapat. Yang penting, ada lahan yang bisa dijadikan area permainan bola voli.

Di Indonesia sendiri sudah terbentuk organisasi persatuan bola voli seluruh Indonesia yang bertanggung jawab terhadap perkembangan olahraga bola voli di dalam negeri. Meski demikian, menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati tidak sedikit yang belum mengetahui aturan mendasar dalam permainan bola voli. Salah satunya adalah tinggi net bola voli di mana ada perbedaan antara bola voli putra dan putri.

Memang tidak sedikit yang bertanya mengapa tinggi net untuk putra dan putri itu berbeda. Kita ketahui bahwa permainan bola voli ini bisa dimainkan oleh putri maupun putra secara kelompok. Meski demikian bukan berarti putra dan putri bisa bertanding secara menyatu atau campuran dikarenakan adanya perbedaan gender. Tinggi net untuk bola voli putra adalah 2,43 m sementara untuk ukuran tinggi net putri adalah 2,24 meter atau sekitar 19 cm lebih rendah dari pria. Namun, untuk ukuran bola maupun ukuran lapangan semuanya sama.

Nah seperti yang ditulis di awal artikel mengapa hanya tingginya saja yang berbeda antara putra dan putri? Jawabannya adalah perbedaan fisik antara individu putra dengan putri itu sendiri. Kita tahu bahwa perbedaan fisik adalah satu hal yang tidak bisa diubah dan bersifat abadi termasuk kemampuan fisik antara perempuan dengan laki-laki juga berbeda. Laki-laki pada umumnya mampu melakukan kecepatan atau kekuatan yang lebih besar dibandingkan perempuan karena memiliki massa otot yang cukup besar juga.

Jika dilihat dari serabut otot bisa jadi laki-laki dan perempuan itu sama namun secara natural pria memiliki hormon testosteron yang cukup tinggi sehingga bisa menghasilkan otot yang lebih besar. Hormon testosteron ini memiliki banyak peran salah satunya adalah pembuatan sel darah baru, menjaga otot dan tulang tetap kuat dan mendorong pertumbuhan otot. Sebaliknya wanita memiliki hormon testosteron yang cukup sedikit sehingga masa ototnya lebih kecil dibandingkan dengan laki-laki.

Nah dari perbedaan massa otot tersebut bisa mempengaruhi kecepatan berlari maupun lompatan hingga tinggi net putra dan putri. Dari dasar inilah maka dibuatlah perbedaan yang cukup masuk akal untuk putra dan putri di mana kita tahu bahwa permainan voli lompatan adalah teknik dasar untuk bisa melakukan smash yang tujuannya untuk mencetak poin maupun melakukan blok dengan membuat perbedaan yang cukup mencolok untuk ukuran tinggi net.

Lantas, apakah peraturan ini juga berlaku jika dimainkan di area kompleks perumahan untuk bermain dengan rekan kerja atau sahabat? Tentu saja sangat tergantung dari kesepakatan. Sah sah saja Anda menurunkan net sesuai dengan ukuran tim yang bermain. Misalnya saat tim putra bermain maka tinggi net yang digunakan berbeda saat tim putri yang bermain. Namun, agar permainan bisa lebih seru dan menyenangkan maka tidak ada salahnya Anda mengikuti aturan tersebut. Tujuannya adalah agar Anda bisa melihat banyaknya smash, servis maupun blok yang dilakukan oleh dua tim tanpa dihalangi oleh tingginya net. Jadi, selamat bermain!