Select Page

Nasi tumpeng adalah jenis makanan tradisional yang sampai saat ini masih bertahan dan bahkan telah berinovasi menjadi berbagai bentuk dan juga warna, dulu nasi tumpeng hanya memiliki satu bentuk yaitu kerucut seperti  gunung, dan nasi tumpeng ini adalah nasi yang yang di baut oleh nenek moyang sebagai sarana wajib dalam ritual adat. Nah nasi tumpeng spesial biasanya selalu mengandung makna filosofis di dalamnya.

Nasi tumpeng dalam pandangan islam jawa memiliki maksud sebagai pesan leluhur untuk memohon pertolongan kepada sang maha kuasa, sehingga setiap bentuk dan juga lauk yang ada dalam nasi tumpeng juga memiliki arti filosofis yang bagus untuk kehidupan. Contohnya yaitu nama tumpeng memiliki arti “yen metu kudu mempeng” yang di maksud dalam kalimat tersebut adalah, ketika kita keluar atau lahir ke bumi maka kita harus hidup bersungguh sungguh dalam jalan Allah. Dan berikut ini adalah beberapa komponen tumpeng yang memiliki arti, di antaranya yaitu:

  1. Di mulai dengan bentuk kerucut pada nasi tumpeng, nasi yang di bentuk kerucut pada tumpeng tidak hanya bentuk kerucut yang kosong tak memiliki arti, tapi bentuk kerucut yang ada pada nasi tumpeng memiliki arti sebagai harapan agar hidup selalu sejahtera, bentuk kerucut juga melambangkan tangan yang merapat untuk menyembah Allah, nasi yang di gunakan biasanya nasi putih dan memiliki arti kesucian, itu mengisaratkan kepada kita bahwa kita harus selalu memakan makanan yang suci dan halal.
  2. Berikutnya yaitu ayam pada nasi tumpeng, ayam yang ada pada nasi tumpeng ini menggambarkan sebuah keikhlasan pengorbanan untuk sesuatu hal yang baik.
  3. Ikan, ikan ini mewakili hewan yang ada di dalam air, dan biasanya yang sering di gunakan itu adalah ikan teri, ikan teri adalah ikan yang hidup berkelompok dan selalu bersama sama dalam menjalani hidupnya, jadi ikan di sini memiliki maksud, hidup akan lebih mudah jika kita selalu bersama dan gotong royong.
  4. Telur rebus, awalnya telur yang hadir untuk menemani nasi tumpeng adalah telur rebus yang belum terkupas sehingga untuk memakannya kita harus mengupas kulitnya terlebih dahulu kemudian akan merasakan putih telur dan kemudian akan berhasil mencapai kuning telur yang memiliki banyak protein, kulit, putih telur dan juga kuning telur melambangkan sebuah proses untuk mendapatkan keberhasilan.
  5. Sayur, sayur di sini mewakili tumbuhan, jenis sayur yang di gunakan pun tidak sembarangan dan pastinya memiliki arti, seperti:
  • Kangkung, melambangkan manusia itu harus hidup seperti kangkung yang dapat hidup di mana saja dan juga dalam kondisi apa saja seperti kangkung yang dapat hidup di darat ataupun di air.
  • Bayam, melambangkan ketentraman dalam hidup.
  • Toge, melambangkan kesuburan dan juga melambangkan kreativitas yang tinggi.
  • Kacang panjang, kacang panjang ini hadir dalam keadaan utuh dan tidak di potong, memiliki makna filosofis, panjang umur dan juga harapan untuk selalu berpikir panjang.
  1. Selanjutnya yaitu daun pisang, daun pisang yang selalu hadir sebagai alas untuk nasi tumpeng memiliki manfaat yang hebat untuk makanan tersebut, seperti membuat nasi tumpeng menjadi lezat dan beraroma, dan juga sehat karena tidak menggunakan bahan kimia.

Itulah beberapa makna yang terkandung dalam nasi tumpeng, jangan lupa pesan nasi tumpeng spesial.

Open chat
1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?