Select Page

Kesehatan gigi dan mulut saat ini sedang menjadi salah satu program kesehatan yang menjadi prioritas utama pemerintah. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat masih belum menyadari pentingnya menjaga dan merawat kesehatan organ tersebut dan menyebabkan ada banyak keluhan penyakit yang menyerang gigi dan mulut sehingga harus segera mendapatkan solusi terbaik. Kendala lain yang dihadapi adalah mengenai anggapan bahwa melakukan periksa ke dokter gigi adalah hal yang menakutkan, maka saat terjadi penyakit yang lebih parah dan harus berkunjung ke dokter spesialis radiologi gigi di Jakarta Barat semakin ditakuti oleh sebagian orang.

Perlu Anda ketahui, bahwa kerapian dan kesehatan gigi memiliki peranan penting untuk membuat Anda semakin percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Terlebih lagi, jika Anda memiliki jenis pekerjaan publik, maka menjaga agar gigi selalu terlihat indah adalah hal yang wajib. Karena jika Anda malas merawat maupun melakukan periksa gigi dan mulut secara rutin, maka ada berbagai penyakit ringan sampai berbahaya yang dapat menimpa Anda termasuk kanker mulut sebagai jenis penyakit berbahaya yang harus diantisipasi sedini mungkin.

Kanker mulut menjadi penyakit ganas yang diawali dari sel tumor dibawah gigi dan tidak segera ditangani dengan tepat sehingga tumbuh sel kanker baru dan menyebar ke seluruh mulut. Agar dapat mengantisipasi terjadinya penyakit berbahaya yang satu ini, berikut gejala umum yang harus Anda waspadai, antara lain:

  • Jika Anda menderita luka yang terdapat di wajah atau leher serta sariawan yang sudah diobati namun tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya segera hubungi dokter radiologi gigi untuk melakukan sesi konsultasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Pendarahan berulang yang terjadi pada rongga mulut tanpa ada alasan yang jelas juga dapat menjadi salah satu tanda awal munculnya sel kanker didalam mulut.
  • Berikutnya, Anda harus waspada jika terjadi pembengkakan pada gigi, gusi atau daerah mulut lain yang terasa sakit dan membentuk benjolan dan tidak kempes setelah beberapa saat.
  • Anda sebaiknya juga segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika pada area leher, mulut maupun bagian di wajah yang tiba-tiba tidak dapat merasakan gerakan apapun atau sering disebut mati rasa.

Penyebab umum dari kanker mulut sampai saat ini belum dapat ditentukan secara pasti, biasanya dokter baru akan memberikan diagnosa setelah dilakukan pemeriksaan medis di laboratorium yang akan dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik. Akan tetapi, umumnya gaya hidup tidak sehat, seperti merokok maupun memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol di percaya kuat menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker mulut. Selain itu, faktor genetik yaitu ketika salah satu keluarga atau kerabat memiliki riwayat sakit kanker mulut, maka dipercaya akan memperbesar kemungkinan keturunannya terkena penyakit yang sama akibat berbagai interaksi fisik maupun kebiasaan sejenis yang dilakukan bersama.

Umumnya dokter spesialis radiologi gigi di Jakarta Barat akan melakukan tindakan penanganan sesuai dengan penyebab kanker mulut tersebut. Oleh sebab itu, pastikan Anda jangan sampai terhambat mendapat pengobatan karena kanker yang satu ini masuk dalam kategori penyakit kronis yang dapat membahayakan penderitanya. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir, karena dokter spesialis yang satu ini memiliki wewenang penuh dan bertanggung jawab untuk menangani pasien kanker mulut sebelum, pada saat maupun setelah tindakan pengobatan dilakukan sampai pasien dinyatakan sembuh total, sehingga semua prosedur pengobatan terjamin aman dan berjalan sesuai keinginan.

Open chat
1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?