Select Page

Kesehatan menjadi prioritas di tengah sibuknya gaya hidup dengan memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah kualitas air minum. Ada beberapa ciri-ciri air yang bersih dan baik untuk dikonsumsi sehingga memberikan manfaat.

Namun, ada kalanya air minum justru memberikan kerugian terhadap kesehatan karena kualitasnya yang buruk. Untuk menyikapi hal ini diperlukan pengetahuan penting mengenai perlunya air minum yang bersih.

Karena air yang bersih dapat memberikan manfaat, begitu juga sebaliknya bila kamu minum air yang tidak bersih maka akan memberikan penyakit. WHO mencatatkan bahwa sekitar 2 miliar lebih orang di bumi mengkonsumsi air minum yang tercemar zat-zat berbahaya [1].

Apa saja bahaya air yang tidak bersih? Dan, ciri-ciri apa yang dapat kamu temukan di air yang tidak bersih?

  1. Air Berwarna Kuning

Tentu warna menjadi indikasi awal atas ciri-ciri air yang tidak bersih. Selain karena mudah dikenali, faktanya air berwarna memang tidak memenuhi kriteria air yang bersih [2].

Air yang berwarna kuning biasanya memiliki kandungan zat besi (Fe) yang cukup tinggi. Kandungan zat besi yang berlebih dapat merusak organ vital tubuh, seperti rusaknya pankreas, penyakit kanker, serangan jantung hingga gagal jantung [3].

Penelitian paling mudah dalam mengecek kadar air yang memiliki zat besi adalah dengan mendiamkan air selama 1-2 hari di udara terbuka. Bila mengalami perubahan warna maka bisa dipastikan kandungan zat besi di air mineral sangat tinggi.

  1. Air Memiliki Bau

Sejatinya air mineral tidak memiliki bau, apalagi yang mencolok. Bau yang terdapat di air mineral bisa mengindikasikan zat asing atau bakteri yang buruk bagi tubuh.

Air minum tersebut tercemar karena senyawa kimia yang menghasilkan aroma tertentu. Penyebabnya bisa berasal dari sumber air minum memiliki kandungan logam berat seperti Arsenik, dan Kromium.

Kandungan logam berat seperti Arsenik dapat menyebabkan kanker. Bahkan, paparan atau dosis yang besar dapat meningkatkan penyakit lain seperti kanker paru-paru, kanker kulit, kanker prostat, hingga kandung kemih [4].

Ada baiknya menghindari konsumsi air mineral yang berbau. Tentu kandungan yang terdapat bisa dipastikan buruk bagi kesehatan untuk tujuan konsumsi.

  1. Air Terasa Getir

Ketika meminum air mineral, selain warna yang jernih dan tidak berbau tentu rasa menjadi indikator berikutnya. Air yang tidak bersih juga memiliki rasa yang getir ketika menyentuh indra pengecap yaitu lidah.

Bila air yang kamu konsumsi memiliki rasa getir bisa berasal dari kadar pH air yang terlalu tinggi (basa) atau terlalu rendah (asam). Konsumsi air dengan kadar pH yang berlebih atau terlalu rendah dapat memberikan efek samping untuk kesehatan [5].

Pada umumnya kadar pH air minum berada di rentang 6 sampai 7, namun ada sifat pH yang lebih tinggi di air alkali di angka 8 sampai 9. Meski demikian, belum ada bukti atau fakta kesehatan di kadar pH yang terlalu tinggi.

  1. Air Berkerak Putih

Kandungan berikutnya dari ciri-ciri air yang tidak bersih berasal dari kerak putih atau menghasilkan busa. Meski dimasak, kerap kali zat kapur tetap sulit menjadi jernah karena kandungan zatnya yang tinggi.

Beberapa sumur kerap mengandung zat kapur yang tinggi dan tentu tidak baik untuk konsumsi jangka panjang. Menurut WHO, air yang mengandung zat kapur tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah jantung dan batu ginjal [6].

Efek lain dari konsumsi air dengan zat kapur yang tinggi adalah kencing batu. Tentu penting untuk memilih air minum yang berkualitas.

Salah satu kandungan air mineral yang berkualitas ada di produk AQUA. Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) satu ini memiliki berbagai macam zat yang dibutuhkan untuk tubuh seperti Kalsium, Magnesium, Kalium, Natrium, dan lain sebagainya [7].

Kalsium berperan untuk kesehatan tulang dan gigi juga pengatur kontraksi otot. Lalu, Magnesium berfungsi sebagai zat pendukung kerja berbagai macam enzim di dalam tubuh.

Tentu kesehatan menjadi tujuan utama AQUA yang sudah terpercaya menjaga kualitas air mineral yang sehat selama 45 tahun, Karena Kesehatan Berasal Dari Sini.

AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral, dan menjaga keberlangsungan sumber air. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral terlindungi kepada masyarakat Indonesia.

Referensi:

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/ciri-dan-bahaya-air-minum-tercemar/
  2. https://doktersehat.com/ciri-ciri-kualitas-air-yang-baik/
  3. https://www.sehatq.com/artikel/kelebihan-zat-besi-bikin-kulit-keabuan-hingga-komplikasi
  4. https://www.alodokter.com/sedikit-atau-banyak-waspadai-paparan-arsenik
  5. https://www.sehatq.com/forum/apakah-air-sumur-yang-mengandung-kapur-dapat-membuat-kulit-kusam-dan-gelap
  6. https://www.alodokter.com/manfaat-ph-air-minum-yang-lebih-tinggi-bagi-tubuh
  7. https://www.sehataqua.co.id/fakta-air-mineral-yang-perlu-anda-ketahui/
Open chat
1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?