Cara Melaksanakan Training Need Assessment

Training need assessment merupakan penilaian yang digunakan untuk bisa menentukan tolak ukur dari kemampuan karyawan. Penilaian tersebut dibutuhkan sehingga akan bisa mendapatkan kemampuan secara akurat yang dipunyai karyawan, sehingga mengetahui mengenai hal yang harus dilakukan secara pasti oleh perusahaan. Penilaian yang dilakukan tersebut dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu dapat mengenali tingkat kemampuan karyawan, frekuensi penggunaan kemampuan, dan juga pentingnya kemampuan tersebut untuk digunakan.

Penilaian tersebut mempunyai tiga tahap yang dilalui yaitu:

  • Tahap organisasional merupakan langkah pertama yang mempunyai beberapa hasil yang ingin dicapai. Tahap ini bisa untuk mengumpulkan data dari kemampuan yang dipunyai karyawan. Sehingga dengan data tersebut akan dapat melakukan analisa untuk merumuskan hal yang dibutuhkan oleh perusahaan. Seperti dari program pelatihan yang cocok dan dibutuhkan, divisi atau karyawan yang perlu mengikuti pelatihan tersebut, dan juga program latihan yang akan dapat menyelesaikan masalah dan meningkatkan produktivitas karyawan.
  • Tahap operasional merupakan pelatihan yang sangat dibutuhkan oleh karyawan. Sehingga tahap ini akan dapat menentukan jenis pelatihan yang sesuai dengan kompetisi yang dipunyai oleh karyawan. Pelatihan ini akan bisa memberikan keunggulan karena bisa untuk menentukan spesifikasi pekerjaan, standar prestasi, hingga melakukan analisa masalah untuk mencegah resiko masa depan yang dapat terjadi.
  • Tahap individu merupakan tahapan di mana pekerja yang melaksanakan kinerja sehingga perusahaan dapat mengetahui apakah karyawan sudah mengaplikasikan pengetahuan dari pelatihan yang didapatkan dengan maksimal atau belum.

Selain dari tahapnya, training need assessment juga mempunyai beberapa cara pelaksanaan yang bisa diikuti. Pertama adalah dari menentukan target kinerja yang akan dicapai dari penilaian yang sudah dilakukan. Apabila sudah mendapatkan data, maka data tersebut akan menjadi dasar untuk membuat keputusan mengenai pelatihan yang tepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menganalisis mengenai tolak ukur dari keberhasilan dan kesuksesan karyawan.

Selanjutnya adalah dengan mengikuti sertakan karyawan pada program yang telah dibuat sebelumnya. Sehingga karyawan akan bisa turut serta dalam pemenuhan target usaha. Hal ini bisa dilakukan dengan perusahaan yang melakukan komunikasi dengan karyawan untuk dapat mengetahui mengenai kemampuan yang dipunyai. Perusahaan juga perlu memaparkan tujuan pelatihan yang akan diadakan, sehingga hal tersebut akan dapat memberikan pemahaman lebih tepat dan juga bisa bersedia untuk mengikuti program pelatihan yang diadakan.

Dari data yang sudah didapatkan, hal tersebut juga bisa menentukan bisa berhasil atau tidaknya rencana yang diambil. Dimana langkah selanjutnya adalah dengan menentukan pelatihan kinerja yang bisa memberikan hasil paling efektif. Sehingga bisa meningkatkan kemampuan karyawan yang akan bermanfaat bagi produktivitasnya di perusahaan. Beberapa metode yang bisa digunakan yaitu lewat mentoring, on the job training, skill raining, seminar, dan juga e-learning. Terakhir adalah dengan mengatur alokasi anggaran untuk melaksanakan rencana pelatihan yang dibutuhkan oleh karyawan. Pastikan untuk menyelenggarakan program pelatihan bagi karyawan yang bisa efektif sehingga biaya yang dikeluarkan tidak akan sia-sia.

Untuk membantu pelaksanaan pelatihan tersebut maupun dari training need assessment yang bisa menilai kemampuan karyawan dan mengetahui potensi karyawan bisa menggunakan jasa dari Prasmul-ELI. Lembaga kursus ini menawarkan penilaian yang bisa digunakan untuk membantu rekrutmen, mengetahui kemampuan diri, hingga evaluasi mengenai kemampuan karyawan di perusahaan. Tersedia juga layanan on demand assessment program yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui potensi karyawan dengan lengkap, sehingga perusahaan akan bisa mengetahui mengenai pelatihan yang dibutuhkan karyawan. Hubungi Prasmul-ELI di nomor +62 822 1111 1150 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

SEOAgency

SEOAgency.co.id Melayani: Jasa SEO, Jasa Backlink, Jasa Blogroll, Jasa Content Placement, Jasa Press Release dan Jasa Penulis Artikel.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

Email: [email protected]

WA: 081221080222