5 Cara Membuka Usaha Percetakan Bagi Anda yang Pemula

Cara membuka usaha percetakan merupakan cara bagaimana Anda memulai usaha percetakan dengan modal yang cukup minim. Usaha percetakan adalah salah satu bidang yang cukup memungkinkan untuk dikembangkan sebagai usaha. Alasannya adalah ada berbagai macam jasa percetakan yang dapat dipilih seseorang bagi yang ingin memulai usaha ini. Memang usaha ini membutuhkan modal, tapi modalnya cukup minim. Banyak sekali usaha cetak yang sebelum kita memulainya seperti map raport, cetak gelas dan masih bnayak yang lainnya.

Apabila Anda mempunyai kemampuan mendesain menggunakan Photoshop atau CorelDraw, maka Anda sudah bisa membuka usaha ini kapanpun yang Anda mau. Sebelum membuka bisnis apapun, tentu harus ada perencanaan yang cukup matang. Hal ini bertujuajn agar usaha tersebut bisa sukses dan meraih keuntungan masksimal. Caranya dengan meminimalkan biaya pengeluaran untuk hal yang bersifat operasional.

Cara Membuka Usaha Percetakan untuk Anda yang Pemula

1. Mengajak Kerjasama Studio Percetakan Lain

Cara pertama yaitu, temukan dan datangi usaha percertakan apapun, dan ajaklah kerjasama. Apabila ada usaha percetakan dekat rumah Anda datangi saja tempat itu, hal ini bisa mempermudah Anda dan baik lagi. Untuk mengajukan kerjasama, Anda harus menjelaskan bagaimana Anda akan mempromosikan jasa Anda. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan usaha percetakan tersebut bahwa Anda serius untuk berbisnis dengannya.

Selanjutnya, Anda bisa mengajukan harga percetakan Anda secara lengkap atau minta saran bagaimana baiknya. Hal terpenting adalah, Anda akan diberikan harga khusus yang sedikit lebih murah untuk mengambil selisih keuntungan dari harga percetakan yang nantinya akan dipasarkan. Anda perlu mempersiapkan diri untuk meminta kerja sama seusai yang disepakati sebelumnya.

2. Mencari Informasi Sebanyak Mungkin

Jika Anda seorang pemula, alangkah baiknya mencari ifnormasi sebanyak mungkin tentang usaha percetakan. Cara ini dapat membantu Anda untuk menentukan langkah pertama, seperti menyiapkan modal yang diperlukan. Bila Anda sudah mengetahui modal awal untuk usaha ini, Anda bisa langsung mencari informasi apa saja alat yang dibutuhkan, termasuk juga alat untuk membuka usaha percetakan ini.

3. Membuat Rancangan

Rancangan bisnis adalah sebuah keahlian sekaligus kunci keberhasilan sebuah bisnis dengan adanya keniatan. Cara membuka usaha percetakan ini tidak asal langsung buka saja, karena usaha yang Anda jalankan menentukan pada strategi yang Anda buat. Apabila Anda kesulitan buatlah peta, atau cabang pohon.

Anda harus menulis semuanya, mulai dari modal, lokasi, dana untuk kebutuhan awal, dan biaya lainnya. Dan sertakan juga keuntungan, waktu yang dibutuhkan, hingga modal kembali sepenuhnya, dan juga strategi Anda untuk usaha ini, mulai dari inovasi dan promosi yang dapat menambah nilai jual agar dapat bersaing dengan bisnis lain.

4. Mempersiapkan Desain Percetakan

Apabila Anda sudah mempunyai laptop Anda manfaatkan laptop tersebut untuk mendesain percetakan seperti undangan, brosur, banner, dll. Hal ini bertujuan untuk agar konsumen dapat memilih desain yang Anda miliki. Setidaknya buatlah sekitar 10 desain saja, agar bisa dipilih oleh customer Anda. Apabila Anda tidak bisa memenuhi 2 hal tersebut ada cara lain yaitu dengan membeli desain undangan atau blangko undangan.

5. Mempromosikan Usaha Percetakan

Cara paling mudah dalam melakukan promosi yaitu lewat media sosial. Saat ini kebanyakan generasi milenium tidak lepas dari sosmed mereka seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan juga Youtube. Anda bisa membuat akun baru khusus untuk bisnis Anda. Selanjtunya apabila di masa mendatang bisnis Anda semakin maju, maka Anda harus menggunakan Instagram Ads, Google Ads, Facebook Ads, atau Google Adword yang merupakan bagian penting dari SEM (Searh Engine Marketing)