3 Tips Mudah Memilih Pipa Air Panas yang Tepat

Saat ini, sudah banyak rumah minimalis modern yang menggunakan instalasi pipa air panas di dalamnya. Kehadiran instalasi pipa tersebut bisa membantu mengalirkan air panas ke kamar mandi atau area lain pada suatu rumah minimalis modern.

Jika Anda tertarik menggunakan pipa tersebut, Anda harus memilihnya sebaik mungkin. Di artikel ini, kami akan membantu Anda melakukannya dengan memberikan 3 tips mudah memilih pipa air panas yang bisa Anda baca di bawah ini!

1. Kenali Pipa yang Cocok untuk Air Panas

Sebelum memilih pipa air panas yang tepat, Anda harus kenali dulu seperti apa pipa yang cocok untuk air panas. Biasanya, pipa yang cocok untuk air panas dibuat dari bahan PP-R dan HDPE. Pipa dengan bahan-bahan tersebut bisa mengalirkan air panas dengan baik tanpa mengurangi panas dari airnya.

2.Pilih di Tempat Terpercaya

Saat mulai membeli pipa air panas, Anda harus membelinya di tempat yang betul-betul terpercaya. Di tempat terpercaya, Anda bisa mendapatkan rekomendasi pipa air panas yang cocok, mendapatkan masukan soal cara memasang pipanya, referensi sambungan pipa yang tepat, serta bisa mendapatkan referensi harga yang pas. Untuk mengetahui mana tempat membeli pipa air panas terpercaya, Anda bisa bertanya kepada orang-orang terdekat atau mencari informasi via internet.

3. Jangan Tergiur Harga Murah

Selama mencari pipa air panas yang tepat, Anda akan menemukan tempat-tempat penyedia pipa air panas dengan harga amat terjangkau. Jika Anda menemukannya, Anda jangan lantas tergiur karena bisa jadi pipa yang mereka tawarkan berkualitas rendah. Lebih baik fokus saja ke kualitas pipa air panas yang akan dipilih saat nanti Anda hendak membelinya.

Cara Memasang Pipa Air Panas

Saat sudah menemukan pipa air panas yang tepat, Anda bisa langsung memasangnya di rumah. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut:

  • Tentukan area mana yang akan dipasangi pipa air panas. Umumnya, pipa ini biasanya dipasang di kamar mandi atau wastafel. Cara ini bisa membantu Anda menentukan jalur instalasi serta jarak antara tempat pemanas dengan tempat yang akan mengeluarkan air panas.
  • Tentukan model pemanas yang akan digunakan. Khusus untuk rumah dan wastafel, Anda bisa gunakan model pemanas berkapasitas 10 liter saja.
  • Hubungkan model pemanas dengan instalasi pipa air panas yang sudah Anda beli. Adapun caranya adalah dengan memasukkan pipa instalasi suplai ke ke lubang input pemanas, sedangkan lubang output pemanasnya bisa dipasangi pipa instalasi air panas. Pasang pipa fleksibel, lalu pasang stop keran di antara pipa fleksibel dan pipa instalasi air panas.

Itulah tiga tips mudah memilih pipa air panas yang tepat. Semoga bisa membantu Anda mendapatkan pipa air panas yang cocok untuk rumah Anda.